Cara Mengatasi ASI tidak keluar setelah melahirkan

Cara Mengatasi ASI Tidak Keluar Setelah Melahirkan

Bagi anda yang sedang mengandung besar dan sekarang akan melahirkan, artikel kali ini sangat cocok untuk anda pelajari dan wajib anda pelajari.

Sering sekali kita jumpai para wanita yang sudah melahirkan sulit untuk menyusui karena ASI ( Air Susu Ibu ) tidak keluar karena tidak berproduksi. karena bagaimanapun seorang ibu ingin memberikan yang terbaik untuk anaknya, selain ASI murah karena dapat di produksi sendiri tentunya juga ASI ini megandung nutrisi yang lebih baik daripada merk susu formula.

Sebaiknya Moms mulai membrikan ASI di 6 bulan pertama sebisa mungkin berikan ASI exklusif namun, jika sebagian moms ada yang memiliki masalah 2 sampai 3 hari ASI tidak keluar, hal ini pasti akan membuat kepanikan. Tetapi sebaiknya Moms pelajari terlebih dahulu bagaimana cara kerja produksi ASI sehingga setelah melahirkan ibu bisa menyusui.

Proses Produksi ASI dibedakan menjadi 3 fase yaitu :

  1. Fase Saat Hamil
  2. Fase Setelah Melahirkan
  3. Fase Menyusui Berikutnya

Saat Produksi ASI akan ada 3 hormon yang berperan penting :

  1. Hormon Prolaktin ( berada di otak berperan memberikan sinyal pada payudara anda )
  2. Hormon Oksitosin
  3. Hormon dari Ari2/Plasenta disebut juga hormon progesteron

Ketiga hormon tersebut yang menyebabkan selama hamil akan mengalami:

  1. Fase saat hamil : payudara membesar dan perut membesar ini disebabkan kelenjar payudara menambah produksi 2 hingga 5 kali lipat
  2. Fase Melahirkan : Ari – Ari dilahirkan . Saat hormon progresteron untuk menghambat ASI agar tidak keluar otomatis lama lama akan turun kadar dalam darah anda ini menimbulkan hormon hormon prolaktin dan oksitosin memuncak untuk produksi karena adanya sinyal tersebut untuk mengeluarkan ASI. Proses ini biasanya terjadi tidak lama 1-2jam tetapi ada juga yang mengalami proses sedikit lama sekitar 1-2 hari pertama asi belum keluar karena hormon prolaktin dan oksitosin mengalami fase yang agak lama.Setelah 2-3 hari terlewati ASI mulai keluar namun payudara sedikit membengkak karena produksi ASI berlebih dan mulailah untuk bisa menyusui.
  3. Fase Menyusui Berikutnya : Produksi ASI dipengaruhi bagaimana saat bayi menghisap. sering bayi hanya menghisap di putingnya saja, namun cara yang benar aerola atau seluruh lingkarannya untuk lebih optimal sang bayi mendapatkan suplai ASI yang cukup.

Leave a Reply

Your email address will not be published.