Cara cuci tangan

Cuci Tangan Cegah Corona

Saat ini cuci tangan merupakan standart wajib penanggulangan untuk pencegahan corona yang sangat dianjurkan oleh pemerintah. Perilaku cuci tangan sangat ini seharusnya menjadi kebiasaan yang sangat baik, karena untuk menjaga kesehatan dan kebersihan diri kita dan untuk memutus penularan mata rantai covid – 19 (corona virus desease).

Tangan merupakan media utama yang sangat ampuh untuk penularan penyakit, karena tangan kita gunakan untuk memegang berbagai hal seperti benda benda yang sering kali kita tidak ketahui dengan pasti bagaimana kebersihannya. Salah satu contoh dalam kehidupan sehari – hari saat kita memegang benda di tempat umum bergantian seperti handle pintu di minimarket disaat membuka atau menutup handle tersebut, kita tidak pernah tau apakah ada agent penyakit ( virus/bakteri) yang menempel disana, bisa jadi sebelumnya dipegang oleh orang yang batuk atau bersin di tutup dengan tangannya. Kemudian tangan kita yang telah memegang handle pintu tersebut menutup mulut kita yang sedang menguap atau memegang wajah serta kita lupa untuk langsung mmemegang makanan. Jelas ini sudah terjadi proses perpindahan agen penyakit saat itu. apabila dalam kondisi daya tahan tubuh kita lemah maka, dalam masa inkubasi kita pun akan mengalami gejala yang sama.

Mencuci tangan sangat dianjurkan untuk masyarakat saat ini terutama di waktu waktu penting antara lain sebelum beraktifitas seperti, saat sebelum makan, sebelum masuk rumah, sebelum masuk kantor, sebelum menyusui atau menyiapkan kebutuhan bayi, saat setelah makan, dan setelah beraktifitas lainnya.

Apabila kita tidak menemukan air mengalir atau air bersih bisa juga gunakan handsanitizer yang bisa kita bawa kemana saja agar tetap merasa aman dimana saja lakukan kebiasaan yang baik ini untuk selalu mencuci tangan.
Mencuci tangan juga perlu memenuhi cara yang benar, agar kita yakin bahwa seluruh permukaan tangan sudah terbasuh dan benar benar bersih.

Bagaimana cara – cara dan urutan mencuci tangan yang benar sebagai berikut :

CUCI TANGAN PAKAI SABUN DENGAN AIR MENGALIR

  1. Basahi tangan, gosok sabun pada telapak tangan kemudian gosok dan usap sabun pada telapak tangan secara lembut dengan arah memutar
  2. usap dan gosok juga kedua punggung tangan secara bergantian
  3. Gosok cela cela jari tangan hingga bersih
  4. Bersihkan ujung jari secara bergantian dengan posisi saling mengunci
  5. Gosok dan putar kedua ibu jari secara bergantian
  6. Letakkan ujung jari ketelapak tangan kemudian gosok perlahan. Bilas dengan air bersih dan keringkan. lakukan selama 60 detik

CUCI TANGAN DENGAN HANDSANITIZER larutan berbahan alkohol tata cara dan urutan cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir,hanya dimulai dengan menuangkan larutan hand-sanitizer secukupnya selama 20-30 detik.

Leave a Reply

Your email address will not be published.