Perbedaan Hardisk SSD dan HDD

Kelebihan Hardisk SSD daripada Hardisk HDD

SSD atau disingkat Solid State Disk yang merupakan media penyimpanan data pada laptop dan komputer, sesuai dengan perkaembangan jaman media penyimpanan data terus mengalami peningkatan kapasitas, kecepatan, dan bentuk. Dulu masih menggunakan media simpan Hard Disk Drive bekerja menggunakan piringan logam yang bergerak secara mekanik. Kalau saat ini sudah menggunakan seperangkat komponen IC seperti halnya dengan Flasdisk yang tidak menggunakan komponen yang bergerak. Tentu saja hal ini menjadi perbedaan antara SSD dan HDD.

Perbedaan ini membuat SSD bekerja jauh lebih cepat dari pada Hardisk. Umumnya SSD menggunakan apa yang disebut flash memori berbasis NAND. Ini merupakan jenis memori Non-Volatile. Sederhananya, Non-Volatile berarti memori tersebut tetap bisa menyimpan data walaupun tegangan suplai nya dimatikan. Ini merupakan prinsip dasar dari sebuah memori permanen seperti halnnya USB Flash drive.

Proses pengolahan data HDD dilakukan atau terjadi karena sinergi antara aktivitas mekanik dan elektrik. Sedangkan SSD dalam memproses data, menulis dan membaca data tidak didukung oleh proses mekanik, dalam SSD tidak ada komponen mekanis seperti motor dan lengan serta piringan yang berputar.

Untuk kecepatan baca tulis SSD bahkan 8 kali lebih cepat dibanding dengan HDD. PC yang terpasang SSD dapat melewati proses booting dalam hitungan detik, pastinya tidak melebihi 1 menit. Sedangkan waktu yang dibutuhkan HDD lebih lama tergantung dengan spesifikasi, dan yang pasti tidak lebih cepat bila dibandingkan dengan SSD.

Untuk ketahanan jelas SSD jauh lebih tahan goncang , kalau HDD dikarekan adanya komponen logam yang bergerak sehingga lebih mudah rusak karena benturan.

Untuk harga SSD masih mahal, tapi diperkirakan akan semakin menurun harganya, seperti harga flasdisk, ya.. kemungkinan kareana semakin majunya teknologi, bentuk akan semakin kecil dan semakin murah.

Leave a Reply

Your email address will not be published.