makanan pantangan ibu meyusui

Makanan Pantangan Untuk Ibu Menyusui

Senang sekali bagi calon ibu yang akan segera melahirkan dan juga bagi ibu yang sedang menyusui exklusif ASI. Dikalangan masyarakat mungkin masih banyak yang beranggapan terkait pantangan makanan ibu menyusui.

Sebenarnya makanan saat menyusui tidak ada pantangan khusus artinya bahwa ASI befungsi untuk menyaring beberapa nutrisi nutrisi yang dibutuhkan namun, ada beberapa yang harus dibatasi ketika sedang menyusui,

Yang pertama, makanan atau minuman yang mengandung kafein. kafein biasanya banyak terdapat di minuman kopi, coklat, teh, minuman bersoda dll. Mengapa tidak boleh, karena kafein ini akan larut pada ASI, kafein ini juga bagus untuk fungsi jantung pada orang dewasa namun, tidak bagus untuk bayi yang sedang disusui karena akan mengalami gangguan pada irama jantungnya dan sulit tidur.

Kedua, sayuran seperti brokoli atau kol tidak boleh dikonsumsi terlalu banyak karena kandungan yang ada di brokoli atau kol akan megakibatkan bayi sering mengalami perut kembung bayi ditanndai dengan perut bayi jadi tanpak membesar, sering buang angin atau kadang perut bayi bunyi krucuk2 bayi jadi rewel.

Ketiga, makanan pedas megandung capcain . Sebenarnya makan pedas tetap di bolehkan tetapi tetap di batasi jangan setiap hari kemudian lihat kondisi bayi anda. Karena ada beberapa bayi yang mengalami alergi. Alergi pada bayi biasanya ditandai dengan diare, muntah – muntah kemungkinan bayi anda alergi karena makanan pedas tersebut.

Kesimpulannya, boleh saja makan pedas tetapi tetap dibatasi, jangan terlalu sering dan berlebihan.

Nahh, bagi Ibu yang sedang memberikan ASI karena ASI ini sebenarnya mengandung Protein, lemak dan vitamin itu merupakan komponen yang larut dalam ASI maka ibu harus perhatikan asupan proteinnya. jika anak anda alergi dengan protein sapi hindari minuman atau makanan produk sapi karena apa yang anda konsumsi protein ini akan larut pada ASI yang mengakibatkan bayi anda alergi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.