cara tukar Uang 75 ribu

Cara Mendapatkan Uang 75 Ribu Edisi HUT RI – Pengalaman Pribadi

Pemerintah resmi merilis uang edisi khusus Hari Ulang Tahun (HUT) Ke – 75 Republik Indonesia yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia (BI) saat ini ramai diburu masyarakat.

Uang kertas Rp. 75000 tahun emisi 2020 merupakan wujud syukur dan berbagi kebahagiaan kepada rakyat indonesia.

Masyarakat berantusias menyambut peluncuran uang edisi HUT ke-75 RI tersebut dengan tema mensyukuri kemerdekaan, memperteguh kebhinekaan, dan menyongsong masa depan gemilang.

Karena tinggi animo masyarakat dan antusias maka Bank Indonesia memperbanyak kuota penukaran uang pecahan khusus (UPK) Rp 75.000.

Cara penukaran uang 75 ribu emisi 2020 ini tergolong mudah dengan cara masuk di website Bank Indonesia disana akan ada petunjuk pengisian formulir secara digital dan syarat penukaran sesuai dengan satu orang satu KTP (Kartu Tanda Penduduk).

Sebelum melakukan penukaran, masyarakat harus terlebih dahulu melakukan pemesanan jadwal dan lokasi penukaran secara online.

Pemesanan jadwal tersebut bisa dilakukan melalui aplikasi Pintar di website Bank Indonesia dalam tautan pintar.bi.go.id.

Namun secara pengalaman pribadi saya melakukan penukaran uang 75 Ribu menggunakan surat kuasa yang didapat dari Salah satu Bank Daerah di Jawa Timur. Dengan mengisi selembar formulir dan disertakan materai 6000.

Berikut hal yang membuat uang 75 Ribu ramai dipesan :

1. Dicetak 75 juta lembar

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati membenarkan bahwa, uang 75 ribu rupiah edisi khusus ini tidak ditujukan untuk diedarkan secara bebas. Oleh karena itu, uang Rp 75.000 dicetak secara terbatas. Uang ini juga bukan digunakan sebagai tambahan likuiditas kebutuhan pembiayaan. Peluncuran uang rupiah khusus untuk memperingati peristiwa atau tujuan khusus, dalam hal ini adalah peringatan kemerdekaan ke-75 Republik Indnesia. “Mata uang ini berbentuk uang kertas pecahan nominal Rp 75 ribu dengan jumlah lembar yang dicetak 75 juta lembar. Ditandatangani oleh Menkeu selaku wakil pemerintah dan Gubernur BI,” kata Sri Mulyani dalam konferensi pers virtual peluncuran rupiah edisi khusus HUT ke-75 RI

2. Istimewa

Melihat fenomena uang 75 ribu edisi khusus yang ramai diburu karena keistimewaannya. Sebagian orang memang memburu uang-uang edisi khusus atau uang dengan nomor cantik. “Beberapa kolektor memang memburu uang bernomor seri cantik karena memiliki harga lebih Namun, dalam uang khusus HUT ke-75 Indonesia ini, keistimewaan lain yaitu desain uang. “Keistimewaanya sudah di dalam uangnya sendiri, seperti yang dilihat tampak belakangnya bergambar berbagai macam baju adat Indonesia.

3. Jadwal penukaran penuh

Uang Rp 75.000 ini sangat menarik perhatian yang cukup besar dari kalangan masyarakat. Situs web pemesanan masih dapat diakses, tetapi jadwal penukaran uang sudah penuh. Sedangkan jadwal penukaran belum dapat diakses.

4. Banyak dijual dengan harga tinggi di e-commerce

Belum sampai 24 jam, sejak hari pertama penukaran uang edisi khusus pecahan Rp 75.000 dibuka, platform belanja daring (e-commerce) sudah dipenuhi dengan penjualan uang tersebut. Harganya pun bervariasi. Bahkan, ada pula yang menjual hingga kisaran harga Rp 8 juta. Tiap satu kartu tanda penduduk (KTP) hanya memiliki hak untuk menukarkannya satu kali. Penukaran yang dilkukan di kantor BI juga tidak melebihkan nominal, cukup Rp 75.000. Sementara, dari segi keamanan, kini telah melengkapi desain uang dengan teknologi tinggi sehingga sulit dipalsukan.

5. Jangan disimpan di dompet

Berbeda dengan uang edisi khusus HUT ke-25 RI dan HUT ke-50 RI yang berupa koin, uang baru pecahan Rp 75.000 ini berupa lembaran dari kertas. Penyimpanan yang sederhana dan aman, adalah uang Rp 75.000 dimasukkan ke dalam plastik. Diketahui, untuk seri khusus HUT ke-75 ini, BI juga menyertakan plastik untuk menyimpan. Apabila ingin lebih aman lagi bisa meniru yang dilakukan para kolektor uang, yaitu dengan menyimpan uang kedalam bingkai. “Akan lebih amannya diberi mika, atau dimasukkan ke bingkai, biasanya kalau kami para kolektor.


Leave a Reply

Your email address will not be published.