Kenali sakit kepala tanpa obat

Kenali Sakit Kepala / Pusing – Dan cara mengatasinya tanpa obat

Sakit kepala atau pusing terkadang datang tiba – tiba atau terus menerus, hal ini akan sangat mengganggu aktifitas sehari hari apabila jika tidak segera diobati.

Sakit kepala adalah kondisi dimana timbul rasa sakit dan tidak nyaman di kepala, kulit kepala, atau leher. Sebagian besar penderita sakit kepala tidak parah dan bisa diatasi sendiri dengan meminum obat pereda sakit, minum air putih yang cukup dan banyak beristirahat. Namun, beberapa sakit kepala perlu penanganan yang lebih disebabkan oleh kondisi yang dapat membahayakan nyawa.

Kenali macam – macam sakit kepala atau pusing yang sedang anda alami seperti :

Sakit kepala tegang

Sakit kepala tegang merupakan salah satu jenis sakit kepala (pusing) yang paling umum. Sakit kepala ini dapat disebabkan oleh mengencangnya otot-otot leher dan kulit kepala. Pengencangan otot ini bisa dipicu oleh faktor fisik atau lingkungan bisa juga karena stress yang anda alami, termasuk kekakuan atau rasa nyeri pada otot-otot pundak dan leher sebagai akibat dari tekanan atau sikap badan yang buruk.

Sakit kepala tegang biasanya bisa menyebabkan rasa nyeri ringan hingga sedang di sekeliling kepala namun, hal ini tidak berlangsung lama.

Sakit kepala migrain

Migrain berbeda dari sakit kepala tegang yang rasa nyerinya biasanya terbatas pada satu sisi kepala dan bisa digambarkan sebagai cenat cenut, terasa nyeri sedang atau parah. Banyak penderita migrain bisa secara sementara menjadi peka terhadap cahaya dan suara, serta dapat mengalami mual dan muntah.

Sakit kepala migrain ini dapat berlangsung beberapa jam sampai dengan beberapa hari dan serangannya bisa berulang ulang.

Sakit kepala klaster

Sakit kepala klaster adalah jenis sakit kepala yang paling tidak umum, namun mungkin yang paling kuat, dan kemungkinan gender laki-laki lebih besar menderita sakit kepala ini dibandingkan perempuan. “Klaster” dalam sakit kepala klaster bukan merujuk pada lokasi nyeri di kepala, melainkan pada pengelompokan serangan sakit kepala dari waktu ke waktu. Ini perbedaan utama antara sakit kepala klaster dan sakit kepala tegang atau sakit kepala migrain – sakit kepala klaster secara teratur berulang selama jangka waktu tertentu.

Sakit kepala klaster biasanya menyebabkan rasa nyeri yang hebat dan terlokalisir disatu mata.

Mempengaruhi satu sisi kepala, di sekitar dan di belakang mata, kemudian memburuk dan bisa berlangsung dari 15 menit sampai dengan 3 jam Mencakup gejala-gejala seperti pembengkakan mata, keluar air mata  dan kulit memerah dan hidung tersumbat atau hidung berair hanya pada sisi kepala yang terkena dampak.

Oleh hal tersebut banyak orang meminum obat segera mungkin untuk meghilangkan rasa nyeri sakit kepala. Namun sebenarnya bukan tidak mungkin menghilangkan sakit kepala tanpa obat.

Berikut beberapa cara menghilangkan sakit kepala secara alami tanpa obat:

1. Banyak minum air putih

Tubuh yang terhidrasi dengan cukup akan mampu untuk membantu meringankan rasa sakit kepala. Penelitian menunjukkan bahwa dehidrasi kronis merupakan penyebab umum sakit kepala akibat otot tegang dan migrain. Penelitian lain yang dipublikasikan dalam Nutrition Review menemukan bahwa minum air putih dapat meringankan gejala sakit kepala pada kebanyakan orang yang mengalami dehidrasi dalam waktu 30 menit hingg tiga jam. Ini mengapa penting untuk meminum cukup air dan makan makanan yang kaya air demi memenuhi kebutuhan harian tubuh.

2. Tidur Cukup

Kurang tidur dapat berdampak buruk bagi kesehatan, hal ini dibuktikan pada penelitian yang terdapat pada Jurnal Headache. Namun, terlalu banyak tidur juga dapat mengakibatkan sakit kepala. PAstikan anda mendapatkan tidur yang cukup untuk mengurangi rasa sakit kepala.

3. Hindari Makanan Pemicu

Beberapa orang mengalami sakit kepala akibat intoleransi makanan. Perhatikan asupan yang Anda makan sebelum merasakan sakit kepala. Lalu, coba hindari makanan tersebut.

4. Akupuntur atau Pijat

Akupuntur atau pijat dipercaya dapat mengurangi hingga menghilangkan sakit kepala. Anda dapat melakukan pijat mandiri atau pijat dengan ahli profesional akupuntur dengan memijat sekitar leher dan pelipis selama beberapa menit. Ini dapat meredakan sakit kepala karena otot tegang yang mungkin disebabkan oleh stress.

5. Relaksasi

Lakukan relaksasi karena sakit kepala juga bisa dipicu oleh stress. Stress adalah salah satu penyebab sakit kepala yang sulit dihindari. Oleh karena itu anda bisa melakukan peregangan seperti, yoga, meditasi, atau sekedar bersantai saat sakit kepala. hal ini akan membantu anda meringankan sakitnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.