pisah traffik

Memisahkan 2 jalur ISP dalam 1 mikrotik

Kebutuhan  akses internet yang didalam penyedia jasa internet RT RW Net biasanya mempunyai beberapa jalur koneksi atau berlangganan dengan lebih dari 1 isp baik itu digunakan untuk sebagai backup saja atau memang keduanya mau dipakai bersama sama.

Tentunya jika ingin dipakai semua biasanya para teknisi menggunakan cara di load balancing di mikrotik , jadi bandwith kedua isp tersebut dijadikan menjadi satu. tetapi ada atas permintaan menginginkan agar dipisahkan antara misalnya koneksi komputer 1 ingin menggunakan isp1 dan komputer 2 menggunakan isp 2 tapi dalam satu mikrotik. hal ini kita bisa memanfaatkan mark routing dan mangle di mikrotik .

Misalnya, saya contohkan disini

isp 1      ip : 192.168.27.251 gateway 192.168.27.254

isp2       ip : 192.168.23.251 gateway 192.168.23.254

Pertama masukkan kedua ip tersebut di ip address mikrotik lalu kita pastikan dulu isp mana yang ingin dijadikan default, misalkan isp 1 yang ingin dijadikan default , maka setting dulu mikrotik seperti biasa dengan sumber koneksi utama menggunakan isp 1.

Selanjutnya adalah membuat mangle , masuk ke menu IP —- Firewaall —- Mangle, lalu tambahkan, Chain pilih prerouting —— Advanced isi ISP 1 —-Action pilih mark routing —– New routing mark isi ke ISP 1 —- Klik OK

selanjutnya ke menu ip route

Klik Add new —-isi gateway ISP 1—- Routing mark pilih KE ISP 1 —- klik OK

Setelah di ok semua masuk ke menu ip —- firewall —- address list , lalu masukkan beberapa ip yang ingin di arahkan ke ISP 1

Dengan begitu maka ip ip yang ada di addresst list tersebut koneksinya akan mengarah ke koneksi dari ISP 1 dan apabila ingin dikembalikan ke koneksi isp 2 maka tinggal disable saja .

Leave a Reply

Your email address will not be published.