cara obati dysmenorrhea

BAHAYAKAH DYSMENORRHEA JIKA TERJADI TERUS MENERUS ???

Sudah kodratya wanita mengalami haid atau datang bulan saat sudah akhil baliq. Namun ada banyak wanita yang sering sekali mengalami dysmenorrhea. Apa itu dysmenorrhea, berikut penjelasannya :

Dysmenorrhea adalah keluhan umum yang kerap dialami wanita saat haid. Nyeri biasanya muncul pada awal masa menstruasi, tepatnya di perut bagian bawah. Nyeri bisa terasa ringan dan tidak mengganggu, hingga terasa berat dan tidak tertahankan sampai mengganggu aktivitas sehari-hari.

Gejala dismenore yang sering muncul di antaranya kram atau nyeri perut bagian bawah, nyeri di punggung bawah, paha bagian dalam terasa ditarik, diare, mual, muntah, pusing, dan sakit kepala.

Gejala ini sebenarnya akan hilang tanpa diobati, tapi pada sebagian wanita, gejala yang muncul cenderung menetap namun, bahayakah jika dysmenorrhea terjadi terus menerus ???

Dysmenorrhea akan memicu penyakit yaitu endometriosis, Endometriosis merupakan penyebab paling populer seorang wanita mengalami dismenore. Penyakit ini berupa tumbuhnya jaringan endometrium di luar rongga rahim. Tidak adanya ‘jalan keluar’ pendarahan yang dialami inilah yang menyebabkan rasa sakit hebat setiap siklus menstruasi.

Peradangan panggul juga berpotensi menimbulkan dismenore. Inflamasi ini disebabkan oleh bakteri yang menjalar dari uterus hingga ke organ reproduksi lainnya. Adapun kondisi ini bisa dipicu oleh bakteri yang ada pada lendir keputihan abnormal yang dibiarkan secara terus menerus. Selain dua penyakit ini, masih ada beberapa penyebab dismenore lainnya seperti tumor, stenosis serviks, penyakit menular seksual, adenomiosis, kista, dan miom.

Leave a Reply

Your email address will not be published.