CARA MENYIMPAN MAKANAN YANG BENAR AGAR AWET DAN TETAP SEGARanan

CARA MENYIMPAN MAKANAN YANG BENAR AGAR AWET DAN TETAP SEGAR

Cara menyimpan makanan yang salah akan membuat kandungan nutrisi dan manfaatnya berkurang berkurang alih alih tahan lama malah cepat busuk bahkan sudah tidak layak lagi untuk dikonsumsi.

Banyak yang diantara kita menyimpanan makanan didalam kulkas atau hanya di simpan di tempat yang seadanya dengan ditutupi saja namun, cara penyimpanan tersebut kurang baik karena setiap kondisi makanan perlu perlakuan penyimpanan yang berbeda – beda.

Berikut cara menyimpanan makanan yang benar agar awet dan tetap segar :

  1. TOMAT

Jangan pernah menyimpan tomat didalam kulkas, masukkan tomat didalam wadah tersendiri letakkan bagian tangkai dibawah sampai tomat matang dan jauhkan dari sinar matahari.

2. BAWANG

Jangan pernah satukan dengan kenatang, ambil kantong plastik atau kertas dengan dilubangi untuk masuknya udara lalu, tulisi setiap kantong tersebut dengan berbagai macam bawang yang akan anda simpan agar tahu letak penyimpanannya.

Masukkan satu persatu bawang yang akan disimpan serta siapkan clip kertas agar tidak tumpah.

Simpan ditempat gelap tapi udara bisa bersirkulasi.

3. DAUN PRE ATAU DAUN BAWANG

Jangan pula menyimpanannya didalam kulkas, cara penyimpanan agar tetap segar yaitu gunakan gelas kaca atau plastik lalu isi dengan air dan daun bawang atau daun pre dimasukkan, ini agar tetap segar dan tidak layu.

Iris bagian daunnya sisakan bagian akar lalu simpan kembali kewadah gelas tersebut yang sudah terisi air, maka daun bawang / pre akan tumbuh dengan sendirinya.

4. JAMUR

Biasanya jamur disimpan dilaci kulkas dengan plastik karena berasumsi habitat jamur yang lembab namun cara perlakukannya yang benar yaitu dengan menaruh jamur diwadah kering atau siapkan kertas karton lalu masukkan ketempat tersebut bisa disimpan didalam kulkas tetapi jangan letakkan di dekat makanan yang beraroma kuat karena jamur dapat menyerap bau.

5. BUAH PISANG

Simpan pisang didalam kulkas tetapi bagian atasnya tutup dengan plastik agar tetap fresh, setiap kali mengambilnya tutup lagi dengan rapat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.