asuransi pengiriman barang

Perlukah asuransi pengiriman barang?

Asuransi pengiriman barang adalah asuransi yang memberikan jaminan atas resiko terhadap pengiriman suatu barang ke tempat tujuan. Asuransi banyak disediakan oleh jasa pengiriman barang seperti jnt, jne, pos indonesia, si cepat. Mungkin ini salah satu cara marketing untuk melindungi keamanan barang yang dikirim oleh pengguna.

Jasa pengiriman barang semakin banyak di Indonesia disebabkan oleh menjamurnya e-comerce, mulai dari tokopedia, bukalapak, bli bli, lazada. Di balik itu semua, tidak sedikit yang mendapati barangnya tertinggal, salah alamat, bahkan sampai hilang. Untuk menghindari resiko tersebut, ada pilihan asuransi yang menawarkan asuransi pengiriman barang. Tujuannya adalah untuk menjamin keamanan barang berharga yang dikirim. Apalagi jika nilai barang lebih darri 1 juta.

Tapi semua itu ada persyaratan yang harus dipenuhi agar barang tersebut bisa diklaim bila terjadi kehilangan atau pun kerusakan.Untuk jenis klaim asuransi juga di bedaka, seperti klaim barang hilang, klaim barang rusak, klaim free return, klaim waktu investigasi logistik.

Menurut saya penggunaan asuransi di jasa pengiriman barang sangat penting apalagi kalau barang tersebut memiliki nilai tinggi. Tapi pengalaman saya sekarang setiap kita belanja di tokopedia atau pun buka lapak, setiap kita check out mau bayar pasti disertai tawaran untuk mengasuransikan barang yang kita beli meskipun kecil nilainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.