asuransi reambursement

Pengertian Reambursement dalam Asuransi dan Prosedurnya

Reambursement adalah transaksi dari suatu proses penggantian biaya oleh tertanggung kepada penanggung dari transaksi yang telah dikeluarkan sendiri dengan diganti sesuai kompensasi yang diberikan oleh penanggung sesuai dengan jumlah uang yang sama.

Para tertanggung sering menggunakan reambursement agar lebih aman untuk menanggulangi berlebihnya biaya yang telah tertanggung sebelumnya, dari proses klaim yang diberikan oleh penanggung akan memberikan ganti atas besaran biaya yang telah dikeluarkan.

Reambursement memiliki dua jenis sistem asuransi yang sesuai dengan kebutuhan masing – masing :

Reambursement dalam operasional bisnis umumnya prosedur sistem ini digunakan untuk mengganti biaya pengeluaran karyawan untuk keperluan suatu perusahaan. Seperti, Akomodasi saat perjalanan dinas, dari mulai tiket transportasi, menginap, hingga makan.

Reambursement dalam asuransi, biasanya ini digunakan untuk klaim biaya asuransi kesehatan di rumah sakit. Sistem asuransi ini, para nasabah atau tertanggung harus membayar terlebih dahulu biaya rumah sakit. Setelanya nasabah melakukan pengajuan klaim ke pihak asuransi atau penanggung untuk untuk mengganti uang tersebut sesuai dengan nominal yang telah tertera di kwitansi.

Prosedur Pengajuan Reambursement juga perlu diperhatikan agar lebih cepat dalam klaim asuransi, berikut caranya :

  • Lakukan sesuai syarat yang ditetapkan pihak asuransi, ajukan form claim asuransi dan softcopy nya ini sangat penting karena digunakan oleh dokter sebagai panduan menuliskan diagnosa / resume medis.
  • Simpan bukti kwitansi atau bukti pembayaran selama di rumah sakit karena perusahaan mengharuskan kepada nasabah (tertanggung) untuk menyertakan dokumen berupa formulir klaim serta kwitansi untuk mereview permintaan pengklaiman tersebut.
  • Ajukan Klaim secepatnya karena perusahaan mempunyai batas waktu tertentu untuk pengajuan klaim agar segera diproses oleh perusahaan atau pihak penanggung.
  • Berikan data asli sesuai dengan yang tercantum dalam formulir klaim.

Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published.