asuransi

Perbedaan Reimbursement dan Cashless Dalam Asuransi Beserta Kelebihannya dan kekurangannya

Asuransi merupakan jaminan dalam perlindungan yang menanggulangi resiko tertanggung atas kemungkinan yang terjadi, pengalihan resiko ini dialihkan oleh penanggung atau perusahaan asuransi. Pembayaran klaim diberikan penanggung kepada tertanggung yang mendapat kerugian dari suatu keadaan atau peristiwa yang diasuransikan dengan jumlah klaim yang diajukan.

Dalam penggantian biaya Perusahaan asuransi memiliki dua sistem klaim yakni cashless dan reimbursement yang mana memiliki perbedaan kelebihan dan kekurangan masing masing.

Sistem klaim reimbursement memiliki arti bahwa para tertanggung harus mengeluarkan biaya sendiri dahulu yang nantinya dapat diajukan kepada pihak perusahaan asuransi untuk klaim pembiayaan.

Dalam pengajuan ini pihak perusahaan memiliki kebijakan masing – masing untuk dapat mengajukan klaim. Hal ini yang menyebabkan para tertanggung kurang meminati sistem ini.

Namun, kelebihan dari reimbursement yaitu biaya premi yang diberikan perusahaan asuransi kepada tertanggung tergolong lebih murah serta rumah sakit yang bekerja sama dengan sistem asuransi ini lebih banyak.

Sedangkan, sistem klaim cashless asuransi kesehatan ini biasanya hanya digunakan pada rumah sakit yang bekerja sama dengan perusahaan asuransi tertentu dan harga premi yang dibayarkan lebih mahal dibandingkan reimbursement.

Kendati demikian, kelebihan sistem ini terbilang penggunaannya cukup mudah dan sederhana, karena hanya menunjukkan kartu asuransi kesehatan milik tertanggung pada saat proses pembiayaan di rumah sakit dan semua biaya dibayar oleh pihak perusahaan asuransi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.