pengertian asuransi

Pengertian Asuransi dan Istilah – Istilah yang Digunakan Dalam Asuransi

APA ITU ASURANSI

Asuransi adalah perjanjian atau kesepakatan yang dilakukan antara kedua belah pihak dari penanggung dan tertanggung untuk memberikan jaminan penggantian atas resiko kerugian, kerusakan, kematian, atau kehilangan keuntungan yang diharapkan dengan membayar sejumlah premi yang telah disepakati.

ISTILAH – ISTILAH ASURANSI

Dalam dunia asuransi kita sering kali mendengar istilah – istilah yang jarang diketahui, karena sebagai peserta kita juga harus memahami agar tidak bingung dikemudian hari, berikut istilah-istilah yang dipakai dalam asuransi diantaranya sebagai berikut :

1. POLIS

Polis asuransi adalah surat kontrak berisi perjanjian antara pihak tertanggung dan penanggung, yang didalamnya mengandung segala hal terkait asuransi yang telah disetujui. diantara kedua pihak wajib mengetahui isi dari asuransi ini termasuk pengertian dasar, peraturan, serta ketentuan dll. Agar polis asuransi tersebut dapat menjadi bukti dan alat untuk mengajukan asuransi dari pihak tertanggung.

2. PEMOHON (APPLICANT)

Applicant adalah pihak yang bertugas untuk mengajukan asuransi kepada penanggung, melalui ini, pihak tertanggung akan mendapatkan hak polisnya seperti yang telah dijelaskan diatas.

3. PEMEGANG POLIS (Policy Owner)

Pemegang polis merupakan pihak yang mempunyai wewenang untuk memegang polis asuransi yang telah disetujui tersebut.

4. TERTANGGUNG (Insured)

Tertanggung atau insured adalah subjek yang mana telah diasuransikan dalam perjanjian atau kesepakatan yang telah disetujui dalam jumlah premi yang dibayarkan. contohnya tertanggung adalah pita suara penyanyi yang telah diasuransikan keamanannya.

5. Penerima Uang Pertanggungan (Beneficiary)

Penerima uang pertanggungan atau beneficiary adalah orang yang mempunyai hak untuk mengambil uang dari pihak asuransi terhadap perjanjian asuransi yang telah disetujui. beneficiary disini biasanya orang terdekat seperti keluarga, anak, istri, hak waris, sahabat terdekat tertanggung.

6. PREMI

Tentu anda tidak asing dengan istilah ini, Premi adalah uang yang harus dibayar selama proses asuransi berlangsung oleh pihak tertanggung yang telah disetujui kedua belah pihak perusahaan asuransi.

7. Insurable Interest

Insurable interest adalah hubungan antara pihak tertanggung dengan objek yang telah diasuransikan.

8. Risk based capital

Risk based capital adalah suatu perhitungan rasio yang digunakan untuk mengukur kesehatan dan keamanan finansial perusahaan asuransi berdasarkan kemampuan modal mereka untuk menutup seluruh kerugian terjadi.

9. POLIS PREMI REGULER (Regular premium policy)

Regular premium policy adalah polis yang hanya bisa dilakukan pembayaran secara berkala seperti bulanan, setiap empat bulan, setiap enam bulan atau tahunan.

10. POLIS DENGAN PREMI SEKALI BAYAR (Single Premium Policy)

Single Premium Policy adalah polis yang hanya dapat dilakukan sekali pembayaran premi secara langsung tanpa perantara.

Itulah pengertian asuransi dan istilah-istilah yang digunakan dalam asuransi yang dapat menjadikan wawasan kita sebelum menggunakan asuransi.

Asuransi memang diperlukan setiap orang untuk menjaga finansial anda dikemudian hari dalam jangka panjang yang lebih baik dan tertata rapi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.