doa surat al kahfi

Ini Sebab Surah Al – Kahfi Lebih Baik Dibaca Di Hari Jum’at

Jumat adalah hari yang sangat indah bagi umat Islam. Ini karena hari Jumat adalah hari banyak sunnah – sunnah yang dikerjakan . Salah satunya adalah Sunnah pada hari Jumat, yaitu dia membaca surat dari Al – Kahfi. Mengutip Islami.co, wajahnya akan terpancar di hadis yang diriwayatkan Hakim, pembaca surat Al-Kahf.

Rasulullah berkata:

إن من قرأ سورة الكهف يوم الجمعة أضاء له من النور ما بين الجمعتين

Yang Artinya: “Orang yang membaca surah al – Kahfie pada waktu hari Jum’at maka akan memancarkan cahaya kepadanya di antara 2 Jum’at”.

Perbedaan pendapat terjadi pada antara para ulama tentang makna cahaya pada hadis ini. Beberapa ulama mengungkapkan bahwa cahaya disini maksudnya umat muslim akan tercegah dari melakukan maksiat & kejahatan. Ada juga yg beropini bahwa pada akhirat kelak semua tubuhnya akan bercahaya.

Melainkan itu, membaca surat Al – Kahfie pula akan terlindungi menurut fitnah / rekaan Dajjal. Memasuki akhir zaman ini, keimanan umat islam akan diuji menggunakan datangnya berbagai macam fitnah / rekaan Dajjal. Rekaan Dajjal adalah rekaan yg paling tak terkalahkan pada antara segala rekaan.

Dajjal mampu menghidupkan lagi orang yg sudah tewas di dunia, Dajjal juga dapat menyembuhkan yg buta, & menumbuhkan tanaman. Selain daripada itu juga, Dajjal pula bisa meminta langit agar dapat menurunkan hujan. Dajjal bisa membawa nirwana yg hakikatnya merupakan neraka, begitu pula sebaliknya. Dengan kemampuan yg dipunyainya, Dajjal dapat mengaku bahwa dirinya ialah Tuhan yg justru menyesatkan semua umat.

Berikut ini beberapa manfaat surat Al – Kahfie yang dibaca pada hari Jumat :

  1. Seorang muslim akan memancarkan cahayanya kelak pada hari ahir

مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ كَمَا أُنْزِلَتْ ، كَانَتْ لَهُ نُوْرًا يَوْمَ الْقِيَامَةِ

Artinya: “Barangsiapa membaca surat Al Kahfi sebagaimana ia diturunkan, maka ia akan menjadi cahaya baginya pada hari kiamat.” (HR. Hakim dan ia menshahihkannya).

2. Allah Akan Mengampuni Dosanya Antara Dua Jumat

Kemudian keutamaan membaca surat Al Kahfi di hari Jumat, ialah akan mendapatkan ampunan antara dua Jumat.

مَنْ قَرَأَ سُوْرَةَ الْكَهْفِ فِي يَوْمِ الْجُمْعَةِ سَطَعَ لَهُ نُوْرٌ مِنْ تَحْتِ قَدَمِهِ إِلَى عَنَانِ السَّمَاءَ يُضِيْءُ لَهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ وَغُفِرَ لَهُ مَا بَيْنَ الْجُمْعَتَيْنِ

Artinya: “Siapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jum’at, maka akan memancar cahaya dari bawah kakinya sampai ke langit, akan meneranginya kelak pada hari kiamat, dan diampuni dosanya antara dua jumat.” (Hadits riwayat Ibnu Umar dalam at-Targhib wa al-Tarhib).

3. Terselamatkan dari Fitnah Dajjal

Selan itu keutamaan lainnya membaca surat Al Kahfi yang menakjubkan, yakni diselamatkan dari fitnah Dajjal.

Siapa yang hafal sepuluh ayat pertamanya, maka ia akan diselamatkan Allah dari fitnah Dajjah.

مَنْ حَفِظَ عَشْرَ آيَاتٍ مِنْ أَوَّلِ سُورَةِ الْكَهْفِ عُصِمَ مِنَ الدَّجَّالِ

Artinya: “Barangsiapa hafal sepuluh ayat dari permulaan surat al-Kahfi, maka ia dilindungi dari Dajjal.” (HR. Muslim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.