Mengapa perlu dilakukan penyuntikan vaksin covid 19 secara 2 tahap ?

suntik vaksin corona

Walangkdung.com – Proses vaksinasi COVID-19 telah memasuki tahap kedua. Yang sebelumnya tenaga medis sudah memasuki tahap pertama, kini PNS akan memasuki tahap kedua vaksinasi. Mulai dari TNI dan Polri hingga perwira yang langsung mengabdi kepada masyarakat.

Seperti pada tahap pertama, vaksin COVID-19 disuntikkan dengan dosis yang dibutuhkan, yakni dua kali suntikan. Agar tubuh memproduksi antibodi terbaik, perlu disuntikkan vaksin COVID-19 tahap 2.

Inilah perlunya vaksinasi diberikan 2 kali dengan dosis yang telah ditentukan

Selain menggunakan 3M untuk mengikuti prosedur kesehatan dan menghindari keramaian, Anda juga dapat mencegah COVID-19 dengan mendapatkan vaksin COVID-19 yang dianjurkan dari pemerintah.

Vaksinasi adalah proses pemberian vaksin dengan cara penyuntikan melalui otot lengan tubuh untuk membuat seseorang menjadi kebal terhadap penyakit tertentu. Setelah divaksinasi, gejala orang tersebut akan lebih ringan daripada mereka yang belum divaksinasi. Untuk mencapai efek terbaik dari vaksinasi COVID-19, tentu saja perlu disuntikkan sesuai dengan dosis yang dianjurkan. Vaksinasi COVID-19 dilakukan dalam 2 tahap.

Juru bicara vaksinasi Kementerian Kesehatan Ibu Siti Nadia Tarmizi mengatakan, vaksinasi COVID-19 harus disuntikkan secara dua kali. Vaksin Sinovac COVID-19 yang digunakan pemerintah Indonesia akan menghasilkan antibodi secara optimal 28 hari setelah injeksi. Dalam 14 hari setelah injeksi pertama, vaksin akan efektif sekitar 60%. Setelah itu, penerima vaksin harus menerima dosis kedua. Vaksin yang disuntikkan akan bekerja paling baik 28 hari setelah injeksi pertama.

Beberapa persyaratan penerima vaksin tahap kedua apabila tidak memenuhi standar persyaratan yakni ketika kondisi seseorang tersebut dalam keadaan sakit maka penerima vaksin tersebut harus mengunjungi klinik kesehatan sesegera mungkin untuk melakukan vaksinasi setelah persyaratan telah terpenuhi.

Meskipun penundaan dapat ditoleransi, ini tidak berarti bahwa penerima vaksin dapat secara sadar menunda injeksi kedua. Tentunya seluruh peserta diwajibkan untuk mengikuti jadwal yang telah ditentukan agar program vaksinasi COVID-19 dapat berjalan dengan lancar dan mencapai hasil yang diharapkan.

Vaksin Sinovac adalah vaksin yang digunakan oleh pemerintah Indonesia. Tentu saja, vaksin ini telah melalui proses panjang untuk menjamin keselamatan masyarakat Indonesia selama hampir satu tahun.

Vaksinasi COVID-19 mungkin memiliki efek samping ringan. Anda biasanya akan merasakan nyeri dan sedikit bengkak di tempat suntikan. Namun, hal ini bisa diatasi dengan mengoleskan kompres dingin pada tempat suntikan. Selain efek minor lain dari program vaksinasi ini, sakit kepala, demam ringan dan rasa tidak nyaman dapat diatasi dengan istirahat yang cukup, minum air putih, dan pola makan yang sehat untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan vitamin.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.