Cara Dapatkan Sumber Vitamin D alami hingga dari Makanan

Walangkadung.com – Vitamin D adalah vitamin alami yang dapat dihasilkan mandiri oleh tubuh kita, vitamin D juga dibutuhkan tubuh untuk menutrisi tulang dan gigi serta menjaga daya tahan tubuh.

Vitamin D ini dapat dihasilkan oleh tubuh ketika berjemur dibawah sinar matahari yang merupakan sumber vitamin D terbaik. Vitamin D terdapat dua jenis yakni Vitamin D2 dan vitamin D3, Vitamin D2 ini diperoleh dari makanan, sementara vitamin D3 diperoleh dari sumber sinar matahari secara alami.

Vitamin D3 (kalsiferol) memiliki kualitas yang lebih baik dibandingkan dengan vitamin D2 (ergokalsiferol) yang bersumber dari jenis makanan. Karena vitamin D3 ini dapat cepat menyerap dan mudah dicerna tubuh namun dapat bertahan lebih lama didalam peredaran darah. Tak hanya itu vitamin d3 efektif untuk penyerapan kalsium dan mineral yang sangat cepat.

Secara mekanismenya dalam penyerapan vitamin D3 ketika dibawah paparan sinar matahari vitamin D akan secara otomatis mengubah kolesterol ynag terdapat pada jaringan lemak di kulit menjadi zat calcitrol. Calcitrol ini yang nantinya akan disalurkan ke organ hati dan ginjal sebagai penghasil vitamin D3 yang dibutuhkan oleh tubuh.

Vitamin D3 yang bersumber dari sinar matahari  memang sangat baik untuk kesehatan namun, terlalu lama terpapar sinar matahari juga tidaklah baik. Berjemur dibawah sinar matahari sebaiknya hanya 5-15 menit saja dan pada pagi hari sekitar pukul 10 pagi ini lebih efektif dan jangan lupa gunakan pula tabir surya. Karena apabila berjemur pada waktu matahari terik akan  terjadi paparan radiasi UV (UltraViolet)  yang berlebihan akan beresiko pada kulit biasanya terjadinya kulit terbakar dan kanker melanoma / kanker kulit.

Berbagai macam Vitamin D2 yang di dapat dari makanan

Memberikan nutrisi pada tubuh seperti vitamin sangatlah penting apabila kita yang aktifitasnya lebih sering di dalam ruangan dan tidak cukup mendapatkan vitamin D3 dari paparan sinar matahari kita perlu mencukupi nutrisi asupan vitamin D2 dari sumber makanan.

Dibawah ini sumber vitamin D2 yang ddi dapat dari beragam makanan :

  • Kuning telur

Makanan satu ini sangat mudah kita jumpai dan mudah sekali kita masak sebagai menu sehari – hari, tapi siapa sangka didalam kuning telur memiliki sejumlah nutrisi sebagai sumber protein yang berkualitas dan menjadi sumber vitamin D yang baik bagi tubuh.

  • Hati Sapi

Hati sapi juga memiliki kandungan vitamin D yang baik, bahkan didalamnya terkandung vitamin D3. Tapi pada kandungan hati sapi terdapat kolesterol jahat yang cukup tinggi, tidak disarankan untuk mengkonsumsi secara berlebihan.

  • Lemak Ikan

Lemak ikan ini merupakan sumber vitamin D yang tinggi, sangat baik untuk memenuhi kebutuhan vitamin D harian anda. Sumber vitamin D yang terdapat pada ikan ini seperti ikan salmon, ikan sarden, dan ikan tuna.

  • Minyak ikan

Apabila anda tidak suka konsumsi ikan ada alternative lain untuk mendapatkan asupan nutrisi vitamin yang didapat dari minyak ikan Kod.

Minyak ikan Kod ini tinggi akan  vitamin A dan omega-3 serta vitamin D yang cukup tinggi pula.

  • Jamur

Tumbuhan satu ini adalah jenis sayuran yang mengandung vitamin D, sebab jamur mempunyai kandungan pro-vitamin yang disebut ergosterol atau perkursor vitamin D2. Ergosterol ini berfungsi untuk membantu jamur menghasilkan vitamin D2 saat terkena sinar matahari.

Namun, jamur yang dikembangbiakan didalam ruangan apabila tidak terpapar oleh sinar matahari ditemukan tida ada kandungan vitaminnya.

Mengkonsumsi sejumlah makanan yang menjadi sumber vitamin D ini perlu namun baiknya untuk menyeimbangkan pola makan dan aktifitas fisik diluar ruangan untuk tetap menjaga kesehatan.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.