Lakukan Cara Ini Bila Hilang Indra Penciuman (Anosmia)

Walangkadung.com – Merebaknya kasus covid-19 yang makin hari makin meningkat kini juga dalam masa darurat semakin mengkhawatirkan karena semakin hari yang tak hanya gejala ringan hingga sampai berujung kematian.

Kondisi atau gejala yang ditimbulkan oleh wabah penyakit covid-19 ini biasanya pasien yang positif covid-19 akan mengalami hilangnya indra penciuman atau biasa disebut anosmia .

Anosmia ialah kondisi dimana ketika hidung tidak dapat mencium bau atau merasakan apa – apa bahkan indra penciuman dalam kondisi tidak peka.

Bila gejala ini tiba – tiba anda alami jangan panik terlebih dahulu. Anda bisa mengatasi dan melakukan penanganan agar dapat kembali normal.

Memang pasien covid-19 mengalami gejala seperti hilangnya indra penciuman namun, bisa juga pada orang yang tidak terinfeksi corona dalam kondisi tertentu seperti masalah sinus dan hidung, pernah mengalami cedera kepala dan gangguan sistem syaraf ini juga bisa terjadi demikian.

Pasien Covid-19 yang mengalami anosmia ini berdampak pada penurunan nafsu makan maka akan sangat berdampak pada pemenuhan nutrisi pada tubuh si pasien karena mengganggu pula pada indra pengecap.

Berikut ini cara yang bisa anda lakukan apabila mengalami hilangnya indra penciuman atau anosmia :

Melatih Indra Penciuman : Dengan melatih indra penciuman ini dapat berangsur normal kembali kemampuan indra penciuman dan pengecap dengan metode smell training.

Smell training ini dapat dilakukan dengan mencium benda yang beraroma khas seperti, cengkeh, jeruk, jahe dll.

Cara melakukannya letakkan objek yang akan kita pakai untuk smell training dibawah hidung lalu hirup dalam – dalam selama 15 sampai 20 detik. lakukan 2-3 kali dalam sehari.

Mencuci hidung

Membersihkan saluran hidung ini dapat dilakukan dengan cairan khusus yang dapat dibeli apotek, fungsi membersihkan hidung dengan cairan ini apabila ada sumbatan di hidung yang menggangu saluran pernafasan.

Mengkonsumsi makanan pedas

Dengan kandungan capsaicin dan vitamin c pada cabai ini dapat meningkatkan imunitas pada tubuh dan meredakan inflamasi, namun konsumsi secara tidak berlebihan karena juga dapat mengganggu sistem pencernaan apabila dikonsumsi terlalu berlebih.

Hirup Aromaterapi / Minyak Kayu putih

Cara ini umumnya dilakukan untuk rileksasi, tetapi cara ini dapat melegakan saluran pernafasan dengan menghirup aroma terapi atau minyak kayu putih.

Menghirup Uap

Dengan terapi menghirup Uap bisa dapat melegakan saluran pernafasan, namun perlu diingat cara ini bukanlah untuk menghilangkan virus covid-19.

Mengkonsumsi Bawang Putih

Ternyata mengkonsumsi bawang putih juga berefektif untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan mengembalikan indra perasa yang hilang karena bisa meredakan inflamasi yang terdapat pada rongga mulut dan jalur nafas.

Cara mengkonsumsinya mudah sekali dengan menumbuk bawang putih lalu dimasukkan kedalam gelas dan beri air hangat kemudian minum dan lakukan rutin setiap hari hingga anosmia dan indra pengecap kembali normal.

Nah, itulah beberapa pertolongan apabila ada yang mengalami hilangnya indra penciuman.

Namun, perlu diingat tips ini bukanlah semata – mata untuk menghilangkan atau menyembuhkan virus covid-19.

Tetapi, tetap patuhi prosedur kesehatan dari pemerintah yakni 3M, Memakai masker, Menjaga jarak aman, dan Mencuci Tangan.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.