Pengertian Asma : Penyebab dan Cara Mengobati

www.walangkadung.comAsma adalah penyakit paru-paru yang meradang dan mempersempit saluran udara Anda.

Biasanya, saat Anda menghirup udara bergerak bebas melalui trakea, atau tenggorokan, kemudian melalui tabung besar yang disebut bronkus, tabung kecil yang disebut bronkiolus dan akhirnya ke kantung kecil yang disebut alveoli.

Pembuluh darah kecil, yang disebut kapiler, mengelilingi alveoli Anda. Oksigen dari udara yang Anda hirup masuk ke kapiler Anda kemudian karbon dioksida dari tubuh Anda keluar dari kapiler Anda ke alveoli Anda sehingga, paru-paru Anda bisa membuangnya saat Anda menghembuskan napas.

Bronkiolus Anda mengembang ketika udaranya hangat, lembab, dan bebas dari iritasi dan zat penyebab alergi yang disebut alergen. Ketika udara dingin atau kering, atau mengandung iritasi atau alergen, bronkiolus Anda berkontraksi.

Jika Anda menderita asma, saluran udara Anda sering meradang dan bengkak. Zat-zat tertentu dapat menyebabkan saluran udara Anda yang meradang bereaksi berlebihan bahkan lebih, mengakibatkan serangan asma.

Pemicu serangan asma sedikit berbeda untuk setiap orang, tetapi biasanya meliputi: iritan dan alergen di luar ruangan, seperti polusi asap serbuk sari dan cuaca dingin iritan dan alergen dalam ruangan, seperti jamur, bulu hewan peliharaan, tungau debu, dan kotoran kecoa , alergen makanan, seperti telur kerang ikan kacang tanah dan kedelai dan kondisi, seperti infeksi pernapasan stres emosi yang kuat dan olahraga.

Gejala serangan asma meliputi: batuk, mengi, sesak napas, dan sesak di dada. Selama serangan asma (juga dikenal sebagai bronkospasme) otot-otot di sekitar saluran udara Anda menegang dan dinding saluran napas menjadi lebih bengkak. Saluran udara Anda juga menghasilkan lendir kental yang semakin menyempit sehingga membuat Anda sulit bernapas.

Jika Anda menderita asma, dokter Anda mungkin meresepkan obat untuk mengurangi: peradangan di saluran udara Anda, penyempitan otot-otot di sekitar saluran udara Anda, atau sekresi lendir di saluran udara Anda.

Selama serangan asma, Anda mungkin perlu menggunakan obat penolong jangka pendek yang disebut bronkodilator. Obat ini menyebabkan otot-otot saluran napas Anda rileks dengan cepat dan meredakan gejala dalam beberapa menit.

Karena tidak ada obat untuk asma, tujuannya adalah untuk mencegah Anda mengalami serangan asma dengan menggunakan obat pengontrol anti-inflamasi jangka panjang. Jika Anda meminumnya setiap hari, mereka akan mengurangi peradangan saluran udara Anda sehingga membuat mereka kurang sensitif terhadap pemicu serangan asma.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.