PNEUMONIA – Gejala, Penyebab dan Cara Mengobati

Walangkadung.com – Pneumonia adalah pembengkakan di paru-paru yang disebabkan oleh infeksi. Anda memiliki dua paru-paru, satu di setiap sisi dada Anda.

Setiap paru memiliki bagian-bagian yang terpisah, yang disebut lobus. Biasanya, saat Anda bernapas, udara bergerak bebas melalui trakea, atau tenggorokan, kemudian melalui tabung besar, yang disebut bronkus, melalui tabung kecil, yang disebut bronkiolus, dan akhirnya ke kantung-kantung kecil, yang disebut alveoli.

Saluran udara dan alveoli fleksibel dan kenyal. Ketika Anda bernapas dalam, masing-masing kantung udara mengembang seperti balon kecil. Dan ketika Anda mengeluarkan napas, kantung mengempis. pembuluh darah kecil, yang disebut kapiler, mengelilingi alveoli Anda.

 Oksigen dari udara yang Anda hirup masuk ke dalam kapiler Anda, kemudian karbon dioksida dari tubuh Anda lewat keluar dari kapiler Anda ke dalam alveoli sehingga paru-paru Anda dapat membuangnya ketika Anda menghembuskan napas.

 Jika Anda memiliki radang paru-paru, saluran udara atau paru-paru telah terinfeksi yang disebabkan oleh kuman seperti: bakteri virus jamur atau parasit. saluran udara Anda menangkap sebagian besar kuman Dalam lendir yang melapisi trakea Anda, bronkus, dan bronkiolus.

Rambut seperti silia yang melapisi tabung terus mendorong lendir dan kuman dari saluran udara Anda, di mana Anda dapat mengusir mereka dengan batuk.

Kadang-kadang kuman berhasil melewati lendir dan silia, dan masukkan alveoli Anda. Biasanya, sel-sel sistem kekebalan tubuh menyerang kuman ini, untuk menghalangi mereka agar Anda tidak sakit.

Namun, jika sistem kekebalan tubuh Anda melemah karena usia, penyakit, atau kelelahan, kuman penyebab pneumonia bisa membanjiri sel kekebalan tubuh dan mulai berkembang biak.

Bronkiolus dan alveoli menjadi meradang Karena sistem kekebalan tubuh Anda menyerang kuman yang berlipat ganda.

Peradangan menyebabkan alveoli Anda penuh dengan cairan, sehingga sulit bagi tubuh Anda untuk mendapatkan oksigen yang dibutuhkan. Jika Anda memiliki lobar pneumonia, satu lobus dari paru-paru Anda terpengaruh.

Jika Anda memiliki bronkopneumonia, banyak dari area kedua paru-paru yang terpengaruh. Pneumonia dapat menyebabkan gejala berikut: sulit bernafas sakit dada batuk demam dan menggigil kebingungan sakit kepala nyeri otot dan kelelahan.

Pneumonia dapat mengakibatkan komplikasi serius. Gagal napas terjadi ketika pernapasan Anda menjadi begitu sulit Anda perlu mesin yang disebut ventilator untuk membantu Anda bernapas.

Bakteremia terjadi saat bakteri penyebab pneumonia bergerak ke dalam aliran darah Anda di mana mereka mungkin melakukan perjalanan untuk menginfeksi organ lain.

Dalam beberapa kasus pneumonia, sebagian besar cairan dan nanah, yang disebut abses, dapat terbentuk di dalam salah satu paru-paru Anda. Jika abses terbentuk di sekitar bagian luar paru-paru Anda, itu disebut empiema.

Perawatan untuk pneumonia meliputi antibiotik, jika penyebabnya adalah bakteri atau parasit obat antivirus, jika penyebabnya adalah virus flu obat antijamur, jika penyebabnya adalah jamur istirahat dan minum banyak cairan dan over-the-counter, atau obat OTC, untuk mengatasi demam, pegal-pegal, dan nyeri.

Jika Anda memiliki pneumonia berat Anda mungkin harus dirawat di rumah sakit, dan diberikan antibiotik intravena dan oksigen.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.