Pengertian Vaksin dan Cara Kerja Pembentukan Sistem Imun dalam Tubuh

www.walangkadung.com – Imunisasi adalah proses menjadi kebal atau terlindungi dari suatu penyakit biasanya dengan menerima vaksin. Vaksin merangsang sistem kekebalan tubuh Anda untuk melindungi Anda dari penyakit tertentu sehingga Anda tidak akan sakit atau terkena infeksi biasanya organ dan sel sistem kekebalan tubuh Anda mempertahankan tubuh Anda dari kuman berbahaya seperti sebagai bakteri dan virus. Sel kekebalan terus-menerus beredar melalui tubuh Anda mereka memantau zat tertentu pada permukaan sel yang disebut antigen

Sel sehat memiliki antigen yang berbeda dari sel tubuh yang sakit atau penyerbu asing dalam tubuh sel kekebalan biasanya mengabaikan antigen pada sel sehat. Tetapi ketika kekebalan sel menemukan antigen pada kuman yang mereka hancurkan kuman kemudian sel kekebalan menampilkan antigen kuman di permukaannya ini mengaktifkan jenis sel kekebalan lain untuk membantu menyingkirkan infeksi misalnya, beberapa sel kekebalan yang diaktifkan mengenali antigen pada sel tubuh yang terinfeksi dan kemudian menghancurkannya.

Sel kekebalan aktif lainnya yang disebut plasma sel membuat molekul yang disebut antibody. Antibodi ini berjalan melalui tubuh Anda dan mengunci hanya untuk kuman yang memiliki antigen spesifik. Ini menandai kuman untuk dihancurkan kemudian sel kekebalan lainnya menyerang kuman yang memiliki antibodi ini setelah infeksi hilang beberapa sel kekebalan yang terkena antigen menjadi sel kekebalan memori di masa depan.

Jika jenis kuman yang sama menginfeksi tubuh Anda lagi sel kekebalan memori akan siap untuk menghancurkannya sehingga Anda tidak sakit ini disebut kekebalan alami. Dalam banyak kasus itu akan bertahan seumur hidup Anda masalah dengan mendapatkan kekebalan alami dari penyakit itu sendiri adalah bahwa beberapa secara alami Infeksi yang didapat dapat menyebabkan komplikasi serius atau bahkan dapat mematikan misalnya, polio dapat mengakibatkan kelumpuhan permanen atau kematian campak dapat menyebabkan pembengkakan otak yang mengakibatkan kerusakan otak permanen atau kematian terutama pada anak di bawah usia lima tahun dan batuk rejan juga dikenal sebagai pertussis.

Dapat menyebabkan komplikasi seperti pneumonia melambat atau berhenti bernapas dan kematian terutama pada bayi di bawah usia satu tahun. Sementara gejala mungkin tidak parah pada semua orang tidak mungkin untuk mengetahui siapa yang akan cukup terpengaruh untuk menjadi sangat sakit atau bahkan mati.

Proses Sistem Imun Dalam Tubuh

Vaksin dapat melindungi Anda dari penyakit-penyakit ini dan gejala-gejalanya yang berbahaya vaksin seringkali mengandung sejumlah kecil kuman yang dilemahkan atau dibunuh tetapi beberapa mengandung materi genetik seperti RNA atau DNA yang memberikan instruksi bagi sel-sel tubuh Anda sendiri untuk membuat antigen Kuman.

Biasanya Anda menerima vaksin sebagai suntikan di dalam tubuh Anda. tubuh partikel kuman dalam vaksin mengajarkan sel-sel kekebalan Anda untuk menyerang kuman, proses ini tidak membuat Anda sakit tetapi menyebabkan tubuh Anda membuat sel memori dan antibodi untuk kuman tersebut.

Akibatnya jika kuman itu menginfeksi tubuh Anda di kemudian hari sistem kekebalan Anda siap untuk melawan infeksi sehingga Anda tidak terpapar sakit. Jenis utama vaksin termasuk vaksin hidup yang dilemahkan vaksin tidak aktif vaksin toksoid subunit dan vaksin konjugasi MRNA dan vaksin vektor virus vaksin hidup yang dilemahkan menggunakan kuman hidup tapi dilemahkan Mereka paling seperti infeksi alami dan memberikan contoh kekebalan penyakit yang kuat adalah campak, gondok, rubella, cacar air dan flu.

Vaksin tidak aktif menggunakan virus yang tidak aktif atau virus yang dilemahkan mungkin perlu beberapa dosis atau suntikan booster dari waktu ke waktu contoh adalah hepatitis a flu polio dan vaksin rabies. Vaksin toksoid melindungi terhadap zat berbahaya yang dibuat oleh kuman yang disebut racun. mereka gunakan versi racun yang lebih lemah yang disebut toksoid.

Anda mungkin perlu suntikan penguat untuk mempertahankannya dan perlindungan terhadap penyakit contohnya adalah bagian difteri dan tetanus dari submit vaksin tetap dan vaksin konjugasi hanya menggunakan bagian tertentu dari kuman. Mereka memberikan kekebalan yang kuat terhadap bagian penting dari kuman vaksin ini mungkin juga memerlukan suntikan penguat contoh adalah bagian pertusis vaksin tetap dan vaksin hepatitis B.

Daripada menggunakan kuman atau racun vaksin MRNA mengandung jenis RNA khusus yang disebut messenger RNA atau MRNA menginstruksikan sel-sel Anda untuk membuat antigen kuman yang memicu respon imun vaksin ini tidak membawa virus hidup dan tidak mengubah DNA Anda.

Contoh vaksin covid19 tertentu vaksin vektor virus dapat menggunakan DNA atau MRNA untuk memberikan instruksi kepada sel untuk membuat antigen. kuman materi genetik dibungkus dengan virus aman yang berbeda untuk memasukkan instruksi ke dalam sel Anda.

Vaksin ini tidak ubah contoh DNA Anda adalah vaksin covid19 tertentu yang penting untuk diketahui bahwa vaksin tidak hanya melindungi Anda tetapi komunitas Anda juga banyak penyakit yang dicegah oleh vaksin menyebar dari orang ke orang. Ketika hanya sedikit orang di komunitas Anda yang divaksinasi risiko wabah penyakit tinggi tetapi jika kebanyakan orang divaksinasi, kemungkinannya untuk suatu penyakit jauh lebih kecil untuk menyebarkan ini disebut kekebalan komunitas atau kekebalan kawanan kekebalan kelompok sangat penting untuk melindungi orang yang tidak dapat divaksinasi ini termasuk orang dengan sistem kekebalan yang lemah alergi serius atau kondisi kesehatan lainnya.

Vaksin melindungi Anda keluarga dan komunitas Anda dari penyakit yang bisa berbahaya atau bahkan mematikan untuk mengetahui lebih lanjut tentang vaksin, bicarakan dengan penyedia layanan kesehatan Anda.

BACA JUGA : 5 Vaksin apa yang sebaiknya saya ambil dan bagaimana dengan efek sampingnya?

BACA JUGA : Kenali Perbedaan 5 Vaksin Korona ini, Bagaimana Cara Kerjanya ?

BACA JUGA : Mengapa perlu dilakukan penyuntikan vaksin covid 19 secara 2 tahap ?

BACA JUGA : Apa yang baru dalam vaksin gotong royong? Ini adalah obat yang diproduksi oleh Kimia Pharma

BACA JUGA : 4 Macam Varian Covid-19 yang Paling Mematikan Saat Ini

BACA JUGA : Demam – Apa yang Sedang Terjadi Ketika Tubuh Demam (Fever)

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.