Biology: mengenal struktur sel dan fungsi sel dari hewan dan tumbuhan

struktur dan fungsi sel tumbuhan dan hewan

Sel merupakan unit hidup terkecil organisme. Semua sel memiliki tiga hal kesamaan tidak peduli apa jenis sel mereka. Semua sel memiliki membran sel yang memisahkan dalam sel dari lingkungannya,

Sitoplasma, yang merupakan cairan seperti jelly, dan DNA yang merupakan materi sel genetic.

Ada dua Sel kategori besar :

Kategori pertama adalah sel-sel eukariotik.

Mereka memiliki organel yang meliputi inti dan bagian-bagian khusus lainnya. Sel eukariotik adalah sel yang lebih kompleks seperti yang ditemukan pada tanaman dan hewan.

Kategori kedua adalah prokariotik sel.

Mereka tidak memiliki nukleus atau membran organel tertutup. Mereka memiliki materi genetik tapi itu tidak terkandung dalam inti. Sel prokariotik selalu bersel satu atau organisme uniseluler seperti bakteri. 

ORGANEL

Organel berarti “organ kecil” adalah bagian khusus dari sel yang memiliki pekerjaan yang unik untuk dilakukan.

INTI SEL (NUKLEUS)

Mari kita mulai dengan inti pusat kontrol sel inti (nukleus) :

Mengandung materi DNA atau genetik DNA untuk memerintah kegiatan yang sel lakukan dan bagaimana hal itu akan melakukannya.

KROMATIN

Kromatin kusus adalah bentuk DNA yang tersebar dalam membran nukluear. Ketika sel siap untuk membelah DNA memadat menjadi struktur yang dikenal sebagai kromosom. Inti juga mengandung sebuah nucleolus , yang merupakan struktur di mana ribosom dibuat.

Setelah ribosom meninggalkan inti mereka akan memiliki tugas penting “mensintesis”, atau membuat, protein. Di luar inti ribosom dan sisa organel melayang di sitoplasma, yang merupakan substansi seperti jelly.

Ribosom dapat berkeliaran bebas di sitoplasma atau melekat pada Retikulum Endoplasma, kadang-kadang disingkat RE.

Ada dua jenis RE:

RE kasar memiliki ribosom yang melekat padanya dan

RE halus tidak memiliki ribosom melekat padanya.

RETIKULUM ENDOPLASMA

Retikulum Endoplasma adalah membran tertutup lorong untuk mengangkut bahan seperti protein disintesis oleh ribosom. Protein dan bahan lainnya muncul dari retikulum endoplasma di vesikula kecil di mana aparatus Golgi, yang biasa disebut badan Golgi menerima mereka.

Protein bergerak melalui badan Golgi ,mereka diubah menjadi bentuk yang dapat sel digunakan. Badan golgi ini melakukannya dengan melipat protein menjadi bentuk yang dapat digunakan atau menambahkan bahan lain pada mereka seperti lipid atau karbohidrat.

VAKUOLA

Vakuola adalah struktur seperti kantung yang menyimpan bahan yang berbeda. Pada tanaman sel vakuola sentral menyimpan air. kembali ke sel hewan Anda akan melihat organel yang disebut lisosom

LISOSOM

Lisosom adalah pengumpul sampah yang mengambil bagian sel yang rusak Mereka penuh dengan enzim yang memecah puing-puing sampah sel ini.

MITOKONDRIA

Mitokondria dalam adalah organel yang merupakan pembangkit tenaga listrik untuk kedua hewan dan tumbuhan sel.

Selama proses yang disebut respirasi seluler mitokondria membuat molekul ATP yang menyediakan energi untuk semua kegiatan sel. Sel-sel yang membutuhkan lebih banyak energi memiliki lebih mitokondria. Sementara sel mempertahankan bentuknya menggunakan sitoskeleton.

SITOSKELETON

Sitoskeleton termasuk mikrofilamen seperti benang yang terbuat dari protein dan mikrotubulus yang merupakan tabung tipis berongga beberapa organisme seperti tumbuhan yang fotoautotropik,yang berarti mereka menangkap sinar matahari untuk energi  memiliki sel dengan organel yang disebut kloroplas.

CLOROPLAST

Kloroplas adalah di mana fotosintesis terjadi, warna hijau karena memiliki pigmen hijau yang disebut klorofil.

Sel tumbuhan juga memiliki dinding sel di luar membran sel mereka bahwa bentuk, dukungan, dan melindungi sel tanaman.

Sel hewan tidak pernah memiliki dinding sel. Ada banyak lainnya struktur unik yang hanya beberapa sel memiliki.

Pada manusia misalnya saluran pernapasan dilapisi dengan sel yang memiliki silia. Ini adalah rambut mikroskopis yang dapat bergerak seperti gelombang.

SILIA

Silia ini membantu perangkap menghirup partikel di udara dan mengeluarkan mereka ketika Anda batuk.

FLAGELA

Fitur lain yang unik di beberapa sel adalah flagela. Beberapa bakteri memiliki flagella. Sebuah flagela seperti ekor kecil yang dapat membantu langkah sel atau mendorong dirinya sendiri. Satu-satunya sel manusia yang memiliki flagela adalah sel sperma.

Kesimpulannya.., sel eukariotik adalah sel tumbuhan dan hewan dengan nukleus dan organel membran tertutup.

Sementara sel prokariotik adalah organisme uniseluler tanpa hal yang disebutkan tadi.

Semua sel memiliki membran sel sitoplasma dan materi genetik. Dan meskipun hanya sel tumbuhan memiliki kloroplas baik tumbuhan dan hewan sel memiliki mitokondria.      

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.