Dengan diperkenalkannya kemampuan literasi digital nasional, Jokowi mempromosikan penggunaan Internet.

literasi digital

Walangkdung.com – Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) meluncurkan program barunya yakni Literasi Digital Nasional yang digagas dari Kementerian Teknologi Informasi dan Komunikasi (Cominfo). Djokowi percaya bahwa literasi digital sangat penting untuk mendapatkan manfaat dari kemajuan digital. Salah satunya adalah meningkatkan perekonomian dengan mempercepat pembangunan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah.

Djokowi menyampaikan, “Internet harus mampu meningkatkan produktivitas masyarakat, mengangkat UMKM ke jenjang yang lebih tinggi, dan memperbanyak UMKM yang tergabung dalam platform e-commerce, sehingga internet dapat memberikan nilai tambah ekonomi bagi semua bidang kehidupan”. Saat penampilan videonya, Kamis (20/05/21)

Kepala Negara Indonesia menyampaikan bahwa internet semoga bermanfaat untuk pertumbuhan ekonomi. Meski begitu, internet memiliki dampak negatif yang perlu diperhatikan.

Antara lain, peningkatan konten negatif dapat menimbulkan konflik. Kemajuan teknologi juga telah menyebabkan berbagai kejahatan di ruang digital, seperti penipuan eksploitasi seksual terhadap anak. Oleh karena itu, Djokowi menghimbau peningkatan literasi digital tanah air agar dapat meningkatkan konten positif di ruang digital agar dapat memanfaatkan perkembangan teknologi digital dengan lebih baik.

Oleh karena itu, Djokovi menuntut literasi digital nasional untuk menambahkan konten positif ke ruang digital agar bisa memanfaatkan perkembangan teknologi digital secara maksimal.

“Saya berharap gerakan ini akan terus berkembang sehingga kami mendorong tempat lain untuk melakukan berbagai tindakan untuk melaksanakan pekerjaan konkret di masyarakat dan memanfaatkan Internet dengan lebih baik untuk kegiatan pendidikan dan manufaktur. Ungkap Djokowidodo Presiden RI.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengatakan, pemerintah belum cukup bertindak untuk meningkatkan literasi digital. Masyarakat diharapkan berperan aktif dalam mendorong literasi digital.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.