Apakah Mie Instan Berbahaya ? Ini Penjelasannya …

bahaya mie instan

Walangkadung.com –  Siapa yang belum pernah mengenal makanan satu ini yaa mie instan, makanan yang banyak digemari oleh berbagai kalangan ini mempunyai rasa yang cukup unik. Selain mie instan dengan rasa yang enak dan sangat praktis juga harga yang sangat ekonomis.

namun..  dibalik kenikmatan mie instan ada atau tidak sebenarnya ancaman yang ditimbulkan bagi kesehatan tubuh kita ???

Mari kita simak penjelasan mengenai mie instan yang sering kita makan

Seperti yang banyak orang bilang, apabila kita terlalu sering atau banyak mengkonsumsi makanan mie instan ini tidaklah baik bahkan tidak sehat untuk tubuh kita

Tetapi apa alasannya ???

Jadi, didalam mie instan initerdapat lemak jahat dan kandungan garam yang tinggi juga adanya bahan pengawet, MSG, dan zat pewarna didalamnya yang membuat mie instan semakin menggiurkan. Lemak jahat ini dapat mengakibatkan inflamasi yang berujung pada penyakit jantung , stroke, dan masalah pencernaan lainnya.

Sedangkan garam bila terlalu banyak dikonsumsi dapat menyebabkan naiknya tekanan darah, dan ujungnya dapat memberatkan kinerja dari jantung serta berbahaya karena menggangu kinerja organ lain dari tubuh.

Kebanyakan konsumsi mie instan juga rendah serat dan protein. karena serat itu penting untuk kesehatan sistem pencernaan sementara protein dibutuhkan untuk pertumbuhan dan pemerliharaan sel sel tubuh.

Suatu penelitian dari Korea Selatan (Korsel) menyatakan bahwa semakin sering seseorang dalam jumlah konsumsi mie instan maka resiko untuk menderita sindrome metabolik akan semakin tinggi.

Sindrome Metabolik, ialah kumpulan kondisi berupa tekanan darah tinggi, meningkatnya pori lemak pada tubuh bagian perut dan tingginya kadar kolesterol serta trigliserida.

Kondisiyang terjadi dpada saat yang bersamaan ini akan menyebabkan meningkatnya resiko tubuh kita untuk terkena berbagai macam serangan  penyakit salah satunya diabetes.

Meskipun begitu, beberapa pakar penelit melihat potensi besar dalam mie instan ini. Mie instan yang dapat diakses oleh para berbagai kalangan dapat dijadikan alat untuk menambah asupan vitamin dan mineral sehingga menurunkan resiko malnutrisi (less malnutrition case). Contohnya, pada penelitian di Sulawesi Selatan dan Kalimantan Selatan menyatan mie instan yang terdapat pada kandungannya bahannya ini diperkaya dengan zat besi dan vitamin A, dapat mengurangi resiko yang ditimbulkan oleh ganguan anemia dan penyakit mata tanpa memandang tingkat sosial dan strata ekonomi seseorang.

Dengan Kesimpulannya, mie isntan memanglah tidak baik apabila dikonsumsi terlalu sering dan dalam jumlah yang banyak.

Namun, potensi yang ada dalam mie instan masih dapat kita untuk gali lagi dalam membantu memberantas malnutrisi (less malnutrition case) karena akses nya yang cukup mudah untuk di dapat dimana saja serta dengan harga yang relatif murah ini dapat di jangkau oleh berbagai kalangan sosial dan ekonomi siapa saja.

Sebagai penikmat mie instan, kini sudah banyak mie instan yang dijual dengan bahan alami seperti sayur sayuran namun dengan harga lebih mahal tetapi mengkonsumsi mie instan terlalu banyak tidaklah dianjurkan karena memang lebih baik mengkonsumsi makanan sayur  mayur yang kita olah sendiri agar kita dapatkan manfaatnya lebih banyak lagi.

Semoga Bermanfaat …

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.