Insomnia Karena Handphone? – Blue Light

blue light sinar biru

Apakah kalian pernah dengar sesuatu yang bernama “Blue Light” Blue Light dikatakan berdampak tidak menyenangkan kepada kualitas dan kuantitas tidur kita.

Namun, sebelum itu apakah maksud dari “Blue Light” tersebut ?

Blue Light merupakan sinar biru yang dihasilkan dari pancaran layar perangkat digital seperti laptop, PC, Smartphone, tablet, elektronik televisi, dan perangkat gadget lainnya.

Kegelapan adalah isyarat bagi tubuh kita bahwa sudah saatnya kita harus tidur tetapi, kita menggagalkannya dengan menatap layar yang terang berjam-jam setelah matahari terbit.

Dalam penelitian yang dilakukan oleh beberapa peneliti dari harvard Blue Light, yang dipancarkan oleh handphone, tv, bahkan bohlam LED kita menekan melatonin didalam tubuh kita sebanyak dua kali lipat dibandingkan dengan cahaya lainnya seperti cahaya hijau sehingga menggeser Ritme Sirkadian kita sebanyak dua kali lipat.

Ritme Sirkadian adalah siklus 24 jam yang memberitahu tubuh kita kapan kita harus tidur, bangun, bahkan makan. Disaat Ritme Sirkadian kita terganggu peneliti mempercayai bahwa kita dalam resiko terkena serangan jantung obesitas, diabetes tipe 2, dan bahkan berbagai macam kanker contoh-contoh tersebut memang lebih banyak direlasikan dengan shift malam atau gangguan tidur.

Tetapi, mengganggu Irama Sirkadian kita dapat menyebabkan masalah kekurangan tidurpun telah dikaitkan dengan masalah suasana hati kegelisahan, depresi, dan peningkatan resiko kecelakaan.

Jadi, bagaimana cara kita mencegah paparan berlebih terhadap Blue Light ?

Ada beberapa solusi termasuk aplikasi filter ataupun mode filter walaupun begitu, solusi-solusi tersebut belum cukup efektif untuk mencegah masalah yang dapat terjadi pada mata kita akibat paparan Blue Light.

Misalnya, lampu LED pada perangkat kita termasuk lampu putih dan biru dan aplikasi tidak menyaring gelombang ini maka dari itu, akan lebih baik jika digunakan bersamaan dengan kaca filter. Kaca filter Blue Light ini dapat memberikan kita perlindungan tidur yang lebih baik daripada aplikasi.

Bagaimana menurut kalian ? Bila bermanfaat silahkan bagikan (share) ke teman kalian untuk mencegah mereka terpapar Blue Light terlalu banyak.

Semoga bermanfaat.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.